Cara Merawat Tas Kulit Sintetis Supaya Awet dan Tidak Mudah Mengelupas

posted in: Blog | 0

Cara merawat tas kulit sintetis – Produk berbahan kulit imitasi / sintetis, poliuretan (PU), sampai dengan PVC, harganya memang terkenal lebih murah jika dibandingkan dengan tas kulit asli.

Selain itu, produk jenis ini juga (Kulit sintetis) merupakan salah satu jenis bahan yang sulit untuk dibersihkan dan cenderung berumur pendek jika tak ditangani dengan tepat.

Karena lapisan dasar kulit yang digunakan adalah kualitas paling rendah, seperti plasticizer bisa membuat kandungan kimia aditif yang ada pada permukaan kulit midah rusak, rapuh dan mudah mengelupas.

Oleh karena itu, dibutuhkan sentuhan secara khusus agar tas kulit sintetis kesayangan kamu tidak mudah rusak dan berumur lebih panjang. Untuk detailnya, berikut sudah kita siapkan khusus buat kamu mengenai bagaimana cara merawat tas kulit sintetis agar awet.

Tips membersihkan tas kulit sintetis

1. Bersihkan dengan kain bersih kering

Mengingat kulit sintetis yang rapuh dan mudah rusak, maka bersihkanlah hanya dengan menggunakan kain bersih kering, supaya debu dan kotoran tidak menempel.

Jangan pernah mencoba membersihkan tas kulit sintetis kamu dengan menggunakan pemutih, zat amonia atau detergen, karena semua bahan tersebut justru akan memperpendek usia tas itu sendiri.

2. Gunakan air hangat dan sabun bayi untuk membersihkan noda membandel

Jika terkena noda membandel dari minuman atau makanan, gunakanlah kain halus yang sudah dibasahi dengan air hangat dan sabun bayi. Jika sudah bersihkan residu sisa sabun dengan kain kering, kemudian biarkan produk mengering secara alami.

3. Kenali jenis sintetis yang digunakan

Jika tas kulit sintetis kamu berjenis PVC yang permukaannya mengkilap, proses pemersihan noda sangatlah mudah untuk dilakukan. Cukup kamu usap bagian yang kotor dengan menggunakan kain kering.

Namun apabila tas kulit sintetis kamu dengan permukaan dof dan berwarna terang, ada baiknya kamu pergi ke toko yang melayani jasa pembersihan aksesoris.

4. Membersihkan tas kulit sintetis dari noda tinta

Lalu bagaimana jika nodanya adalah noda tinta? Bekas noda tinta hampir tidak bisa dibersihkan 100% kalau pada kulit sintetis. Dikarenakan sifat tinta yang mudah meresap dan menyatu dengan material bahan sintetis.

Pembersihan noda tinta hanya akan membuat warna semakin memudar saja, namun nodanya tidak bisa hilang. Jadi ada baiknya kamu berhati-hati dengan jenis noda yang satu ini.

5. Gunakan pembersih dengan kualitas terbaik

Untuk membersihkan tas kulit sintetis, ada baiknya kamu gunakan pembersih bahan vinyl dan polyurethane dengan kualitas terbaik, produk ini sangat mudah kamu temukan di supermarket.

Produk ini biasanya juga digunakan sebagai pembersih interior mobil seperti jok dan dashboard. Untuk membersihkannya gunakan kain bersih berbahan katun, kertas tisu, atau microfiber cloth untuk menyeka bahan pembersih yang kamu semprotkan ke permukaan tas.

6. Pastikan sudah kering dan bersih

Sebelum menyimpannya kembali, pastikan bahwa tas sudah bersih dan kering.

7. Jangan gunakan secara berlebihan

Istirahatkan tas kulit sintetis jika habis digunakan seharian penuh. Hindari penggunaan tas selama 2-3 hari secara berturut-turut. Kamu bisa istirahatkan dulu 1-2 hari sebelum kamu gunakan lagi.

8. Tips supaya tas kulit sintetis tidak mudah mengelupas

Agar permukaan tas kulit sintetis kamu tidak mudah mengelupas, beli dan oleskan produk pelindung berjenis silikon wax secara teratur dan merata. Jangan lupa juga untuk memasukkan potongan kayu cedar dan silica gel pada kotak penyimpanan tas kulit sintetis kamu.

9. Pisahkan produk tas kulit asli dengan tas kulit sintetis

Jangan pernah mencampur atau menyimpan produk tas kulit asli dengan tas kulit sintetis. Karena, produk dengan bahan sintetis bisa menyerap bahan pencelup warna dari tas kulit asli yang bisa menyebabkan tas kulit sintetis kamu jadi bernoda.

Tips menggunakan tas kulit sintetis

Dalam pemakaian tas kulit sintetis sehari-hari pun juga harus kamu perhatikan dan lakukan hal-hal di bawah ini.

1. Hindari tangan berminyak

Jika tangan kamu dalam keadaan berminyak, ada baiknya seka dan bersihkan terlebih dahulu sebelum memegang tas. Karena, hal tersebut bisa menyebabkan permukaan tas jadi lembab dan mempermudah timbulnya jamur.

2. Jangan terkena sinar matahari secara langsung

Jangan biarkan tas terkena sinar matahari secara langsung. Tujuannya adalah agar tas terhindar dari kerusakan yang disebabkan oleh sinar UV (Ultra Violet) yang berlebihan. Karena sinar UV yang berlebihan bisa memudarkan warna dan merusak lapisan polyurethane.

3. Jangan biarkan tas basah

Jika tas terkena air, segeralah menyekanya dengan menggunakan tisu atau lap bersih kering supaya permukaan tas tidak lembab yang bisa mengundang datangnya jamur.

Tips menyimpan tas kulit sintetis

Selain itu, dalam menyimpan tas kulit sintetis pun juga harus kamu perhatikan dengan seksama dan lakukan hal-hal di bawah ini.

1. Simpan dalam dustbag berpori

Simpan tas kulit sintetis kamu di dalam dustbag yang berpori-pori supaya udara bisa dengan mudah keluar masuk guna untuk menghindari kelembapan yang bisa menyebabkan jamuran.

2. Jangan simpan di dalam plastik

Jangan pernah simpan tas kulit sintetis di dalam plastik, karena plastik justru akan membuat udara tidak bisa keluar dan akhirnya lembab di dalamnya, sehingga memudahkan jamur bertumbuh.

3. Gunakan kantung silica gel

Masukkan beberapa buah kantung silica gel ke dalam dustbag dan tas guna untuk menyerap kelembaban.

Video cara merawat tas kulit sintetis

Leave a Reply